Lima Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih
Daun Sirih
Tanaman herbal ini sudah lama dikenal oleh bangsa Indonesia. Selain memiliki khasiat untuk mengobati bebarapa penyakit, para orang tua dulu menggunakan daun sirih sebagai bahan utama sepah. Seiring perkembangan teknologi kedokteran khususnya di bidang pengobatan dan kesehatan, kandungan zat pada daun sirih dapat diteliti lebih sempurna sehingga dampaknya dapat ditemukan kembali beberapa khasiat daun sirih untuk kesehatan.

Daun sisirh mengandung zat anti jamur dan zat antiseptik sehingga dapat bermanfaat sebagai herbal anti bakteri merugikan pada tubuh manusia. Manfaat dan khasiat daun sirih sudah dirasakan sejak dulu, kini sudah teruji secara klinis. Jadi bagi Anda yang akan menggunakan daun sirih sebagai obat herbal alternatif, tidak perlu lagi khawatir karena sudah dilakukan pengujian di laboratorium. Hal ini peting dan perlu diketahui khususnya bagi Anda yang masih merasa alergi terhadap obat-obatan herbal tradisional.

Sebenarnya bukan saja bagian daun yang memiliki manfaat tetapi seluruh bagian tumbuhan daun sirih ini memiliki zat yang sama dan dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alternatif. Cara pengolahannya bermacam-macam, tergantung dari jenis penyakit yang akan diobati. Berikut adalah lima manfaat daun sirih untuk kesehatan.

  1. Mengobati mimisan atau pendarahan pada hidung
    Caranya dengan menggulung daun sirih tesebut sambil ditekan sampai keluar cairan, kemudian gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah. Sebaiknya gunakan daun sirih yang masih muda.
  2. Mengobati luka bakar
    Tumbuk daun sirih dengan campuran sedikit madu kemudian lulurkan atau tempelkan pada bagian yang terkena luka bakar.
  3. Mengilangkan aroma bau mulut
    Caranya dengan menyeduh daun sirih muda secukupnya dengan air panas atau dapat juga dengan cara direbus, tunggu beberapa saat sampai terlihat warna hijau kekuningan pada air dengan aromanya yang khas. Setelah itu air daun sirih tersebut dapat dipakai sebagai obat kumur.
  4. Obat iritasi mata
    Ambil daun sirih secukupnya lalu remas-remas di dalam air dingin. Saring sampai bersih kemudian ambil airnya. Masukan mata dalam keadaan terbuka ke dalam air daun sirih tersebut sambil di kedip-kedip. Lakukan hal ini secara rutin.
  5. Obat batuk
    Caranya dengan merebus 15 lembar daun sirih dengan campuran tiga gelas air. Tunggu sampai tersisa 3/4 bagian (sekitar 45 menit samapi 1 jam) lalu minum dengan campuran madu.