Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji
Jambu biji, jambu kelutuk, atau dikenal juga dengan jambu batu yang biasa kita lihat di pasar buah atau di supermarket dan pasar swalayan memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Sadar atau tidak daun jambu biji justru memiliki khasiat yang lebih banyak daripada buahnya. Manfaat daun jambu biji sebenarnya sudah dikenal sejak dulu oleh orang tua kita. Mereka biasa menggunakan daun jambu biji untuk berbagai pengobatan herbal tradisional.

Daun jambu biji yang berwarna hijau ini mengandung zat anti oksidan yang dapat berguna untuk menyembuhkan beragam penyakit. Itu sebabnya banyak para tabib dan praktisi kesehatan yang melakukan berbagai penelitian untuk untuk membuat obat atau vitamin dari daun jambu biji tersebut.  Di bawah ini adalah beberapa Manfaat daun jambu biji untuk pengobatan.

Memanfaatkan Daun Jambu dalam Pengobatan

Manfaat daun jambu biji untuk diare
Daun Jambu biji segar seberat 30g ditambah segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas direbus, minum airnya 2 kali sehari. Cara lainnya kunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari.

Manfaat daun jambu biji untuk sariawan
Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.

Manfaat daun jambu biji untuk luka berdarah atau borok di sekitar tulang.
Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan lumatan daun ini di tempat yang sakit, lakukan beberapa kali sehari.

Manfaat daun jambu biji untuk Kencing Manis
Ambil 1 buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong potong, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring terlebih dulu sebelum diminum 2 kali sehari.

Manfaat daun jambu biji untuk ambeien
Ambil beberapa lembar daun jambu batu muda atau pucuknya ditambah sebuah pisang batu, cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas dan tumbuk keduanya, air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur, walaupun rasa sakit sudah hilang tetap minum air tersebut supaya benar benar sembuh.

Manfaat daun jambu biji untuk kembung pada anak anak
Petik 3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kulit batang pulosari dan 5 butir adas, rebus hingga air tinggal 1 cangkir, sebelum diminum sebaiknya air di saring. Anak berumur 3tahun dapat diberi cairan ini sehari 3 kali, sebanyak 2 sendok makan, anak yang lebih tua diberi sehari 1 cangkir.

Referensi:
http://www.klipingku.com/2009/09/manfaat-daun-jambu-biji-untuk-pengobatan/
http://agusmurod.blogspot.com/2013/04/khasiat-dan-manfaat-daun-jambu.html